Thursday, July 28, 2011

DT dan musik easy listening


Tulisan ini pernah aku posting di group Dream Theaternya Friendster beberapa tahun yang lalu. Langsung aja ya, cekibroott...
Halo aku Ivan. Slm kenal buat semuanya. Sulit nemuin goup DT di FS. Adanya Tompi, Extravaganza, etc. Seneng bisa gabung di sini. Bisa lebih tau tetek bengek DT.
Hmm…langsung aja deh…Pas baca-baca topik diskusi, kayaknya temen2 pada sepakat kalo DT tuh bukan musik yang easy listening. Naa dari situ aku malah jadi pengin tau arti dari easy listening itu sendiri. Jujur, dengan istilah2 bermusik aku masih awam. dampaknya Aku jadi melongo aja pas perhatiin istilah2 yang digunain si Sabian ato si Ferdi (slm kenal bro !) pas bahas Akira Jimbo di 10 top drummer. Ckk..ckk… Aku jadi ikut ketawa juga pas diskusinya pada ngomongin new commers: Kangen Band tanpa ada tujuan sedikitpun buat rendahin mereka. Sama band satu ini semua juga kayaknya sepakat deh kalo musik mereka tuh easy listening. Makanya ya itu tadi, aku pengin obrolin ini ke temen2 semua dengan harapan bisa lebih membuka cara berpikir kita.
Batesan ngomongin musik easy listening tuh kayak absurd. Orang bilang musik dangdut tuh easy listening, makanya lagu “kucing garong” ato ”sms” ato “jatuh bangun” bisa meledak di pasaran. Kata orang juga nih, musik pop tuh easy listening. Makanya lagu “jujur”-nya Radja, “melayang”-nya Ungu, “ada apa denganmu”-nya Peterpan, “--?”-nya Kangen Band (sori aku ga tau judul2 lagu mereka), krisdayanti, semua idol & AFI, dan kroni2nya tuh bisa lebih diterima masyarakat. Bahkan katanya ada band yang rela buat ninggalin idealisme musik mereka dan pindah ke aliran ini (pop) agar album mereka bisa lebih diterima masyarakat. Ato bisa jadi mereka juga dituntut oleh produser dan label rekaman yang asli profit oriented dan jarang mikirin idealis band yang mereka ajak kerjasama. Makanya aku salut aja ama band2 underground, punk, dan sejenisnya yang bertahan di jalur indy untuk tetap bisa mempertahankan idealisme bermusik mereka. Walo akhirnya mereka sulit untuk dikenal secara luas dan tidak mendatangkan uang.
Well, sementara orang2 bilang kayak gitu, aku malah kebalikannya. Musik dangdut ma pop (apalagi yang mellow ato slow beat) itu buat aku bukan musik easy listening. Honest, my ears are very hard to listen their music. Dan aku bisa enjoy berat kalo pas dengerin musik dari DT ato Casiopea. Jadi bisa dikata menurutku justru musik2nya KB ato Radja-lah yang bukan easy listening.
Aku makin bingung pas aku temuin kata ini: ear catching. Aku terinspirasi ma kata eye catching, yang sering digunain buat nunjukin kalo ada objek yang mudah untuk ditangkap daripada objek yang lain. Jadi ear catching juga gitu kali yaa.. lagu2nya KB, Radja, Ungu, Peterpan ato Slank sekalipun adalah lagu2 yang ear catching. Tentunya juga tidak ketinggalan dlm bagian ini adalah lagu2nya Trio Macan, Kristina, ato si Ria Amelia.
Mau bukti kalo lagu2 mereka mudah ditangkap?
Coba perhatiin anak2 kecil di lingkungan tempat temen2 tinggal. Ada ga yang berlarian kesana kemari sambil nyanyiin lagunya DT? Ga ada kan? Kalo nyanyiin lagunya Peterpan ato Radja ya mungkin banget.
Bukti ke dua:
Temen2 pernah naek bus kota ga? Pernah ada pengamennya? Lagu2 yang mereka nyanyiin lagunya sapa? DT? Gaklahh.. temen2 taulah lagu2nya sapa yang mereka nyanyiin, ya tho?
Tapi walo gitu ga ada salahnya kalo kasi cepek ato gopek buat appreciate mereka, hehe…
Aku pikir dua bukti udah cukup coz menurutku ukuran lagu meledak di Indonesia adalah kalo lagu2 itu banyak dinyanyiin ma anak2 kecil dan pengamen. Haha…
Naa jadi gimana menurut temen2 semua? Ga bingung baca ceritaku kan? Sori kalo terlalu panjang.

No comments: