Tuesday, January 10, 2012

Tertimpa Dahan Pohon Jalan Raya


Sore itu (10-1-12) saya sedang mengadakan perjalanan dengan mengendarai motor dari daerah Simpang lima menuju Tembalang. Cuaca saat itu sedang mendung bahkan beberapa saat kemudian sudah hujan gerimis disertai angin yang cukup kencang. Sampai di daerah sebelum perempatan pintu masuk Tol Jatingaleh, tepatnya di seberang kantor PLN saya dikagetkan dengan jatuhnya benda padat tepat mengenai kepala dan lengan kiri saya bagian atas. Saya dan motor tidak terjatuh karena kebetulan jalan sore itu kondisinya padat merayap dan laju kendaraan saya sangat pelan sehingga keseimbangan bisa terjaga. Saya juga tidak mengalami luka karena memakai helm full-face dengan kaca tertutup dan memakai jaket. Posisi kendaraan saya waktu itu berada di pinggir, sehingga saya dapat melihat benda apa yang tadi menimpa saya. Ternyata benda itu adalah dahan pohon sebesar lengan orang dewasa. Saya tidak tahu bagaimana jadinya kalau dahan itu menimpa saya saat jalan itu tidak begitu padat dan saya mengendarai motor dengan laju yang cukup kencang. Kalaupun dahan ini menimpa orang yang mengendarai mobil, saya yakin paling tidak akan meninggalkan bekas di body sisi atas atau kaca depan. Belum lagi efek kaget yang dapat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lainnya. Ketika melanjutkan perjalanan dan sampai di tanjakan Gombel, saya melihat banyak ditata potongan-potongan dahan pohon di kiri jalan(dipotong dengan mesin, bukan karena patah kemudian terjatuh ke tanah). Sesampai di tempat tujuan ternyata tangan kiri saya masih terasa sakit.
Melalui media ini dan berdasar pengalaman yang baru dialami, saya sebagai pengguna jalan menghimbau kepada teman-teman pengguna jalan yang lain untuk berhati-hati dalam berkendara, terutama bagi mereka yang mengendarai kendaraan roda dua. Apalagi cuaca kota kita akhir-akhir ini juga kurang bersahabat.
Melalui media ini pula, saya, sebagai warga Kota Semarang memohon kepada dinas terkait untuk mengantisipasi supaya tidak timbul korban. Antisipasi yang saya maksud adalah dengan segera melakukan pemangkasan dahan pohon saat mendekati musim hujan. Ketika melihat potongan dahan yang terlihat masih baru di tanjakan Gombel, mungkin dinas terkait baru memangkas pohon saat musim hujan yang sudah dimulai sejak bulan Oktober tahun lalu.

No comments: