Tuesday, January 6, 2009

Kartu Ax*s


Banyak sekali akhir2 ini kabar yang beredar melalui media selular (via SMS), website ajang pertemanan (friendster via bulletin board, message, maupun posting testimonial), info di website personal maupun perusahaan, media cetak (koran, tabloid, dan majalah) yang ngabarin tentang hal yang cukup menakutkan.
Beberapa kabar yang aku terima antara lain sbb:
Kalau ada panggilan dari seseorang yang mengkonfirmasikan tentang gangguan cellphone, dan dia berkata mengharuskan menekan #90 atau #09. Kalau sudah dituruti maka konon kabarnya mereka dapat segera mengakses SIM card anda sehingga dapat menggunakan line anda dengan dan atas biaya anda.
Jika anda menerima panggilan di cellphone dan di layar menampilkan display: (LAN), apabila anda terima panggilan tsb maka secara otomatis cellphone anda terkena virus. Virus ini spontan menghapus IMEI dan info IMSI dari chellphone dan SIM card anda. Akibatnya anda terputus sama sekali dengan vendor/opeator manapun sehingga anda harus mengganti cellphone/SIM card anda dengan yang baru.
Dan untuk kedua info di atas masih ditambah dengan satu info lagi yang menjadikan keduanya sangat meyakinkan. Info tersebut menyatakan kalau dua informasi di atas konon telah dikonfirmasikan dengan dua vendor raksasa yaitu Nokia dan Motorola. Mereka menyatakan sudah lebih dari 3 juta cellphone yang terkena virus ini.
Sumber: CNN
Ada juga kabar yang saya terima melalui layanan pesan pendek yang berbunyi: matikan HP anda nanti malam pukul 23.00 tepat. Karena menurut kabar dari Metro TV pada waktu tersebut akan ada pancaran gelombang radiasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, yang dapat ditangkap oleh HP anda.
Kabar lain via SMS:
Apabila mendapat calling atau SMS dari nomor 0866… jangan diangkat atau diterima. Sebab kalau anda menerima atau mengangkatnya, anda akan mati atau paling tidak akan sakit.
Apabila anda menerima SMS dari nomor 4 digit dan warna tulisannya merah, segera hapus. Sebab kalau tidak anda akan mati atau sakit.
Sekarang telah beredar kartu GSM Axis. Perhatikan: Jangan beli kartu ini karena kartu ini milik gereja setan. Tanda-tandanya adalah banyak angka 6 dalam setiap iklannya, ada merpati hitam, warna kuning dan ungu yang mendominasi. Axis apabila dibalik (dari atas ke bawah, bukan dari kiri ke kanan) maka akan menjadi sixA (six=6, dan A posisi terbalik seperti lambang taurus, yaitu kambing=iblis).
Mungkin masih ada kabar yang lain yang aku gak tahu. Tapi aku pribadi berpendapat info2 di atas sudah cukup untuk membuat masyarakat, khususnya pelanggan atau pengguna telepon genggam menjadi cemas bahkan takut.
Kalo aku sih coba buat lebih bijaksana aja. Maksudnya gak yang apatis alias cuek banget ato berlaku sebaliknya, super panik bahkan cenderung paranoid ama yang gitu2an.
Misal buat poin 1 dan 2. Info itu aku dapet dari satu milis. Milis itu milik satu komunitas kerohanian. Walo ga bisa dijadiin standar kebenaran ato kejujuran, tapi paling tidak, menurut aku, orang2 dari komunitas ini gak ada motif gak bener pas mereka kasi satu info. Dengan dasar itu ya wajar dunk kalo aku cukup ati2. Apalagi info itu bilang kalo dampaknya tu bisa ngerusak hape sekaligus SIM cardnya. Trus uda dikonfirmasi ma 2 vendor raksasa lagi.
Nah, aku akan bersikap beda pas ada kabar kayak poin 3 dan 4. Pas dapet info kayak poin 3, alias suruh matiin hape pas jam 11, aku jam segitu malah tidur trus hape aku letakin di sebelah bantalku. Besoknya aku ya biasa aja, ga ada masalah. Kalopun ini efeknya jangka panjang, aku Cuma bisa berserah aja ma Tuhan. Kalo Dia berkehendak ya masak aku harus ngelawan?
Kalo tentang info buka sms ato angkat telpon bisa mati aku juga gak gubris. Gak ada sangkut pautnya antara sms, telpon, dan kematian. Emang sih ada kabar yang mengatakan kalo itu ada unsur mistis and magis-nya. Tapi satu hal yang aku mo bagiin di sini, aku udah punya kuasa yang lebih besar dari kuasa2 yang kayak gituan. Kuasa apa itu? Kuasa itu adalah kuasa Tuhan. Itulah yang aku yakini dan imani. Kuasa Tuhan yang ada dalamku akan patahin itu semua.
Trus yang juga pernah heboh adalah kartu Axis. Menurut kepercayaan kristen, 666 adalah lambang iblis. Aku adalah Kristen taat (baca: yang terus berusaha bertumbuh dalam Dia), dan aku gak lantas anti yang namanya kartu Axis ini. Aku berpikir, sapa ya orang yang pertama sebarin info kayak gini ini? apa bener udah diteliti kebenarannya? Kalo iya kenapa ga ditunjukin bukti2 penelitiannya? Naa orang yang gak bisa nunjukin bukti tapi berani kasi justifikasi itu apa gak namanya pemfitnah? Trus Kalo mo direnungin lebih dalem, sapa yang setan coba? Aku bukan lagi ngebela si Axis, tapi aku mencoba buat lebih berpikir kritis dan realistis aja. Ato paling gak, aku udah keluarin apa yang jadi tanggapanku tentang kartu Axis ini. Kalo mo bicara tanpa bukti aku juga bisa, Ini asli hanya omongan bodoh tanpa bukti. Gini, Indosat itu kartu setan loh, Indosat tuh terdiri dari Indo=Indonesia; Sat=satan=setan. Haha… ato mungkin kayak gini,
Eh kartu XL tu kartu setan loh, lambang XL tuh kayak salib yang dipatahin. Naa lambang salib patah tu anti Tuhan. Anti Tuhan=setan. Hahaa… dan masih ada yang lain kalo memang pinter hubung2innya. Hehe…
Jadi sekali lagi bijaksanalah. Coz jujur kadang info yang bisa dateng berulang2 kali ini bikin boring and penuh2in inbox aja.
thx

No comments: